Profil Perusahaan

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2012 Tentang Kegiatan Usaha Penyedia Tenaga Listrik; Undang - Undang Ketenagalistrikan Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan; Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 38 Tentang Tata Cara Akreditasi dan Sertifikasi Ketenagalistrikan; dan Undang -  Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, maka demi keselamatan pemanfaatan instalasi tenaga listrik terhadap manusia, lingkungan dan aset, pengusahaan jasa ketenagalistrikan dibedakan menjadi 4 jenis yang masingmasing berdiri sendiri (independen) dan yang tidak boleh ada rangkapan, yaitu:

  1.  Jasa Perencanaan Instalasi Tenaga Listrik

  2.  Jasa Pembangunan/Kontruksi/Pemasangan Instalasi Tenaga Listrik

  3.  Jasa Sertifikasi Instalasi Ketenagalistrikan

  4.  Jasa Operasi/Pengusahaan dan Pemeliharaan Listrik

Dalam hal ini berarti semua konstruksi instalasi tenaga listrik yang selesai dibangun dan dipasang, direkondisi, dilakukan perubahan kapasitas atau direlokasi wajib/harus diperiksa oleh pengesahan/sertifikasi/akreditasi dari Pemerintah untuk menguji kelaikan instalasi kelistrikan sebelum dioperasikan. Apabila tidak laik operasi maka instalasi tersebut tidak dapat dioperasikan. Dengan adanya ketentuan mengenai Lembaga Inspeksi Teknik di bidang Ketenagalistrikan, maka diharapkan dapat menutupi lubang instalasi tenaga listrik yang belum tersertifikasikan.

Para pensiunan PLN masih banyak yang mampu dan memiliki pengalaman selama 30 tahun dibidang kelistrikan dapat bergabung untuk melakukan pekerjaan tersebut diatas. Disamping memanfaatkan pengalaman yang ada (agar tidak terbuang percuma).

                 Motto kami adalah  “ Keselamatan manusia diatas segalanya ”.

Filosofi

Filosofi kami adalah melayani permintaan pemeriksaan setiap pemilik instalasi tenaga listrik sehingga Aman dari bahaya listrik, mutu sesuai kontrak dan aman serta handal dioperasikan dengan harga yang wajar dan bersaing (kompetitif).

Slogan Kami  “INSTALASI AMAN DAN LAIK OPERASI SESUAI DENGAN STANDARD/REFERENCE”

Perseroan

Untuk melaksanakan visi dan misi tersebut dibentuk wadah perseroan terbatas dengan nama PT. Indo Karya Senior (selanjutnya disebut PT. IKS) dengan kepemilikkan saham sebagian besar para pakar pensiunan PLN sebagaimana disebut dalam Akta Pendirian/Akta Notaris yang dibuat oleh Notaris Ny. Fransisca Inning Soemantri, SH pada tanggal 7 Agustus 2006, yaitu :

Ir. Januar Muin , Ir. Soetrisno Oerip, Jakim Jahya, Drs. Poedji Nugraha ST MBA, Subono, Tirta Marta Sudarman 90% dari pendiri dan pengurus perusahaan tersebut adalah para ahli senior PLN. Pengalaman beliau dalam kurun waktu tersebut akan dimanfaatkan untuk mengembangkan perusahan melayani permintaan para pemilik instalasi listrik (termasuk milik PLN) untuk melakukan Uji Laik Operasi instalasinya, sehingga aman untuk dioperasikan setiap waktu/secara kontinu dengan hasil yang bermutu. 

Pengalamanan dan keahliannya masing-masing sebagaimana tertera dalam Curriculum Vitae masing-masing.

a. Ruang lingkup perseroan :  

                     1. Jasa Inspeksi Teknik Sistim Tenaga Listrik yang meliputi :

  • Instalasi Pembangkitan Tenaga Listrik (PLTA, PLTMH, dan PLTD)

  • Instalasi Transmisi Tenaga Listrik (SUTT/SUTET, GARDU INDUK)

  • Distribusi Tenaga Listrik (Tegangan Menengah, Tegangan Rendah)

  • Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (IPTL TT dan IPTL TM)

b. Laporan Inspeksi Teknik meliputi :

  • Kesiapan Operational

  • Penyiapan Sistim Mutu dan Akreditasi

  • Progress Kegiatan dan pelayanan Jasa

  • Permasalahan dan Kendala

Profesional Dibelakang Teknologi

Keahlian personil-personil tersebut diatas sebagaimana masing-masing Curriculum Vitae menjadi dasar untuk mendukung perusahaan dalam mencapai hasil Uji Laik Operasi secara optimal sesuai dengan nilai-nilai standard yang berlaku.