SLO

SLO

Keselamatan Ketenagalistrikan menjadi satu ketentuan yang wajib dipenuhi, maka Sertifikat Laik Operasi (SLO) untuk seluruh instalasi tenaga listrik merupakan salah satu penerapan ketentuan keselamatan ketenagalistrikan.

Kewajiban SLO harus dimiliki instalasi pembangkit, transmisi dan distribusi, pemanfaatan tegangan tinggi, pemanfaatan tegangan menengah, dan pemanfaatan tegangan rendah melalui pemeriksaan dan pengujian pada saat instalasi tenaga listrik selesai dibangun, direkondisi, relokasi, atau masa berlaku sertifikat laik operasinya telah habis. Melalui penerapan SLO ini, diharapkan dapat terwujud instalasi tenaga listrik yang andal sehingga dapat beroperasi secara kontinu sesuai spesifikasi yang telah ditentukan, instalasi tenaga listrik yang aman sehingga bahaya yang mungkin timbul bagi manusia dan makhluk hidup lainnya yang dapat berupa kecelakaan dan kebakaran akibat listrik dapat diantisipasi, serta instalasi tenaga listrik yang ramah lingkungan sehingga tidak menimbulkan kerusakan pada lingkungan hidup saat instalasi tenaga listrik dioperasikan.

PT. Indo Karya Senior merupakan Lembaga Inspeksi Teknik sesuai dengan SK Penunjukan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan No.376.K/24/DJL.4/2020 Dengan Bidang Usaha sebagai berikut:

1. Bidang       : Pembangkit Tenaga Listrik

    SubBidang : PLTA, PLTMH dan PLTD

2. Bidang        : Transmisi Tenaga Listrik

   SubBidang  : Jaringan Transmisi Tenaga Listrik Tegangan Tinggi / Tegangan Ekstra Tinggi dan Gardu Induk

3. Bidang        : Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik

    SubBidang  : Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik Tegangan Menengah

4. Bidang        : Distribusi Tenaga Listrik

    SubBidang  : Jaringan Distribusi Tenaga Listrik Tegangan Menengah dan Tegangan Rendah

 

Peraturan SLO :

  • Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan

  • Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 38 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Akreditasi dan Sertifikasi Ketenagalistrikan

  • Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2012 tentang Kegiatan Usaha Penyediaan Tenaga Listrik

  • Peraturan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan No. 556K/20/DJL.1/2014 Tahun 2014 tentang Tara Cara Penomoran dan Registrasi Sertifikat di Bidang Ketenagalistrikan